'ASYURA HARI KASIH ISLAM

Suatu kali Nabi SAW datang ke madinah, lalu beliau melihat orang-orang yahudi berpuai hari Asyura (suro). Beliau bertanya, “Apa ini ?” orang-orang yahudi itu menjawab, “Ini hari baik. Ini adalah hari dimana Allah menyelamatkan bani israil dari musuh mereka. Itu sebabnya Nabi Musa berpuasa pada hari itu.”
(Dalam riwayat lain ada tambahan, “…maka Musa berpuasa pada hari itu, sebagai ungkapan syukur kepada Allah. Kami pun berpuasa dihari itu guna menghormati hari tersebut.” Dalam riwayat yang lain lagi ada tambahan, “Dan itulah hari ketika perahu Nabi Nuh berlabuh di bukit Judi,Maka Nabi Nuh berpuasa dihari itu, sebagai ungkapan syukur.”)
Menanggapi kata-kata yahudi ini, Nabi Muhammad SAW. Bersabda, “Aku lebih berhak atas Musa dari pada kalian.” Setelah itu beliau berpuasa dan memerintahkan orang-orang untuk berpuasa di hari itu.
‘Asyura (tanggal 10 Muharram) adalah hari yang agung. Inilah hari, seperti disebut dalam hadist di atas, Nabi Musa a.s. dan kaumnya, Bani israil, di selamatkan oleh Allah, sementara fir’aun dan kaumnya di tenggellamkan kedalam lautan.
Dihari itu Allah memerintahkan Nabi Musa, dan kaumnya yang di kejar fir’aun dan kawan-kawan, untuk memukulkan tongkat beliau ke air laut. Tiba-tiba, dengan izin Allah, laut terbelah sehingga beliau bersama kaumnya dapat melewatinya. Begitu mereka tiba di seberang, air laut itu kembali seperti semula, menenggelamkan fir’aun dan kawan-kawannya yang masih berada di tengah.
Dihari itu pula kapal Nabi Nuh a.s. berhasil berlabuh di bukit judi yang terletak di Armenia bagian selatan, yang berbatasan dengan Mesopotamia, setelah perahu itu terombang ambing di tenagh banjir bandang yang menenggelamkan semua oran kafir.
Peristiwa yang lain adalah, Nabi Ibrahim a.s. juga lahir dan selamat dari kobaran api Raja namrud di hari ‘Asyura’. Nabi Idris a.s. di angkat kelangit, Nabi Yunus a.s. di keluarkan dari ikan yang menelannya, juga dii hari ‘Asyura’. Dan masih banyak lagi yang lainnya.
Share:

2 comments:

muh said...

kami butuh komentar anda

muh said...

kami butuh komentar anda

Recent Posts

Unordered List

  • Lorem ipsum dolor sit amet, consectetuer adipiscing elit.
  • Aliquam tincidunt mauris eu risus.
  • Vestibulum auctor dapibus neque.

Pages

Theme Support

Need our help to upload or customize this blogger template? Contact me with details about the theme customization you need.